Belajar Snorkling di Kolam Umbul Ponggok Klaten



Jika kamu ingin belajar snorkling, Umbul Ponggoklah tempatnya. Disana kamu bisa berenang ditemani ikan-ikan air tawar yang cantik, pasti berasa seperti snorkling beneran tanpa takut terbawa ombak.



Belakangan ini nama Umbul Ponggok tentu sudah tidak asing lagi bagi para wisatawan. Tempat wisata air ini terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Dari Yogyakarta bisa ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Umbul Ponggok buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00 WIB. Wisata tirta ini berhasil membuat banyak pengunjung datang kesana karena keunikan kolamnya yang berbeda dari kolam renang pada umumnya. Keunikan dari tempat ini karena kolam renangnya bersumber dari mata air alami yang sudah ada sejak zaman Belanda. Menariknya lagi, kolam yang berukuran 50 x 25 meter dengan kedalamanan rata-rata 1,5 hingga 3 meter ini memiliki berbagai jenis ikan air tawar yang berwarna-warni didalamnya. tidak seperti kolam renang lainnya yang berkeramik, di kolam ini sengaja dibuat kesan alami sehingga dasar kolam pun tidak berkeramik. Jadi bisa dibayangkan sendiri bagaimana asyiknya berenang di kolam renang yang airnya segar, tidak berkaporit, dan ditemani ikan air tawar yang berwarna-warni.

Ikan Air Tawar yang berwarna-warni
Harga Murah, Fasilitas Tidak Murahan
Jika kita bandingkan harga tiket masuk wisata tirta Umbul Ponggol dengan harga tiket masuk wisata kolam renang yang ada di kota-kota besar, pastinya sangat berbeda jauh. Harga tiket masuk yang ditawarkan untuk ke tempat wisata tirta ini hanya sebesar 8000 rupiah. Tetapi jika ingin sekaligus menyewa perlengkapan lengkap seperti pelampung dan snorkling, pengunjung hanya membayar 20ribu rupiah. Harga ini termasuk murah, apalagi ditunjang dengan fasilitas yang sangat memadai seperti banyaknya kamar mandi/kamar mandi yang bersih, warung makan, tempat duduk, hingga fasilitas persewaan alat menyelam yang lengkap. Tidak heran banyak orang yang dari luar kota sengaja kesini hanya untuk mengunjungi wisata air Umbul Ponggok yang semakin terkenal itu. Pengunjung dimudahkan dengan semua fasilitas yang ada. Jadi kesana tinggal bawa duit dan kita sudah bisa belajar snorkling sepuasnya.

Spot Idaman Foto Underwater

Seorang teman yang berhasil mendapat foto underwater yang bagus

Banyak para fotografer maupun pengunjung yang sengaja datang kesini untuk memperoleh foto underwater yang cantik. Para pengelola pun memfasilitasi keinginan pengunjung dengan menyewakan berbagai alat yang digunakan untuk menunjang foto underwater. Seperti penyewaan kamera underwater yang diberi harga 100ribu per jamnya. Bagi yang memiliki smartphone berkamera dengan  resolusi tinggi, bisa juga untuk membeli casing tahan air seharga 20ribu rupiah. Jika untuk keperluan pemotretan yang lebih profesional, disana menyewakan berbagai properti yang menunjang fotografi underwater.
Jika ingin mendapatkan hasil foto underwater yang menarik, datanglah ketika pagi hari (pukul 07.00-09.00) dan hindari hari libur atau weekend karena bisa dipastikan tempat it akan full oleh pengunjung. Selain itu carilah spot yang banyak ikan berwarna-warni, sehngga ketika kita befoto didalam air, ikan warna-warni tersebut semakin mempercantik frame foto underwater kita. Setelah itu jangan menyerah untuk terus mencoba, agar hasil foto yang diinginkan maksimal.

Belajar Snorkling
 
Bersiap snorkling dengan peralatan lengkap

Kolam ini memiliki kedalaman sekitar 1,5-3 meter sehingga umumnya pengunjung yang tidak terlalu tinggi tidak bisa menapaki dasar kolam. Untuk itu perlu pelampung jika ingin tetap aman berenang di kolam ini. Namun bagi yang sudah bisa mahir berenang dan tidak takut kedalaman, maka bisa mencoba untuk menikmati keindahan warna-warni ikan air tawar yang ada disana. Untuk bisa snorkling dan menikmati keindahan ikan, pengunjung bisa menyewa peralatan snorkling yang tarifnya cukup murah. Tanpa menggunakan peralatan snorkling, kita tidak bisa melihat keindahan ikan yang berwarna-warni. Sempat saya mencopot peralatan snorkling karena saya tidak terlalu bisa memakainya, namun ternyata dengan mata telanjang saja saya tidak bisa melihat keindahan ikan-ikan dengan jelas.
Pada mulanya, kukira ber-snorkling itu mudah. Kita tinggal memakai alatnya kemudian tinggal nyebur dan berenang didalam air. Namun ternyata memakai peralatan snorkling didalam air tidak semudah yang saya bayangkan. Mungkin karena tidak terbiasa menyelam didalam air menggunakan alat snorkling jadi saya merasa kesulitan. Kadangkala air malah masuk lewat selang udara, atau bahkan kacamata kemasukan air sehingga saya sampai gelagepan. Namun saya tidak berhenti untuk mencoba. Dan pada akhirnya saya menyerah karena badan kedinginan dan tubuh sudah kaku ketika digerakkan dalam air. Namun karena itulah saya bertekad untuk kesana lagi. Mungkin di tempat yang sama, atau bisa jadi dikolam lain yang ada di Klaten, kita tunggu saja waktunya tiba.

Untuk kalian yang ingin ber-snorkling di lautan lepas dengan air yang berombak, coba dulu untuk belajar snorkling di Umbul Ponggok ini. Jika sudah mahir memakai alatnya, baru deh langsung terjun ke lautan lepas seperti di Kepulauan Seribu, Karimunjawa, atau bahkan ke Raja Ampat.



1 komentar:

  1. Bagus sekali infonya :)
    Umbul Ponggok tempatnya memang bagus banget.
    Ijin berbagi ini info lengkapnya Wisata Air Umbul Ponggok Klaten

    BalasHapus