Menikmati Waktu Kosong di Wisata Alam Posong



Posong, sebuah tempat yang indah untuk menikmati pemandangan alam pegunungan.

Udah lama aku mendengar suatu nama daerah di Temanggung yang katanya penghasil kopi. Nama daerahnya adalah Posong. Jaraknya sih gak jauh dari Yogyakarta. Sekitar kurang dari 3 jam perjalanan menggunakan motor. Bagiku Posong menjadi lokasi wisata alternatif yang sangat rekomended buat dikunjungin ketika udah bosen mengeksplore wisata-wisata yang ada di Yogyakarta.

Pertama kali ke Posong langsung kagum dengan Kota Temanggung yang rapih dan cantik banget. Menurutku Temanggung ini liveable banget. Kotanya cantik tertata rapi dan ekonominya pun menggeliat. Pagi harinya ketika sepulang dari Posong bahkan aktivitas ekonomi para petani tembakau bisa dilihat di pinggir-pinggir jalan. Melihat mereka bekerja dengan latar belakang pegunungan cukup membuatku bahagia. Ah begitu damai rasanya tinggal di Temanggung. Pikirku sih begitu waktu main kesana.

Lokasi wisata Posong sebenernya cukup mudah untuk ditemukan. Bermodalkan dengan Google Maps, lokasinya mudah untuk dijangkau. Apalagi buat yang udah sering pergi ke Dieng lewat Kota Temanggung. Mungkin sudah tidak asing lagi dengan rute menuju Posong melewati rute ke arah Dieng jika dari Jogja. Buat yang dari Jogja, rute paling mudah yaitu mengikuti jalan Jogja-Magelang. Setelah itu ketika ada di pertigaan daerah Secang belok ke kiri. Kalo lurus terus kan berarti jalan menuju Semarang. Nah setelah itu baru ikuti jalan sampai kamu tiba di Temanggung Kota. Kamu akan melewati alun-alunnya yang indah. Jarak Posong dari Kota Temanggung juga gak terlalu jauh dan mudah banget ditemukan lewat maps. Jadi langsung saja ikuti petunjuk yang ada di maps. Nanti jika sudah memasuki daerah Posong, gapura masuknya ada di kanan jalan besar. Kamu harus masuk dulu ke sebuah perkampungan. Nah setelah masuk sekitar 100 meter akan ada loket masuk ke wisata Posong. Dari pos itu kamu bisa langsung membayar tiket dan langsung naik ke atas jika kamu naik motor. Namun kalau menggunakan mobil berarti harus menyewa jasa ojek motor karena akhir-akhir ini sedang ada perbaikan jalan menuju ke lokasi wisata.

Tiket masuk ke wisata Posong sebesar 10 ribu rupiah per orangnya. Kalo ingin camping disana menggunakan tenda sendiri harus membayar lagi sebesar sekitar 60 ribuan per orang. Kamu tinggal menempati tenda-tenda yang udah disediakan oleh pengelola disana. Tapi kalau punya tenda sendiri boleh banget dibawa saat kesana karena biayanya akan lebih murah lagi tentunya. Kalau kamu tipe orang yang tidak tahan dengan hawa dingin, lebih baik menginap di homestay yang banyak tersedia di sekitar Posong. Bahkan tepat di depan loket wisata Posong ada homestay reccomended yang murah dan ramah pemiliknya. Harganya sekitar 150ribu hingga 200 ribu per kamar. Jadi enak kan kalo ingin main ke Posong ramai-ramai. Gak perlu keluar duit banyak deh.


camping ditengah kebun kopi
Setelah melewati loket masuk pembayaran, kamu harus naik  lagi ke atas sekitar 1 km – 2 km menuju lokasi wisata Posong yang disana bakal terlihat Gunung Sindoro dan Sumbing yang gagah. Perjalanan naik ini yang cukup berat karena diperlukan skill berkendara dan kondisi motor yang prima. Namun jalannya sudah bagus dan di kanan kirinya terdapat perkebunanan milik warga.
Ketika sudah sampai di gardu pandang Posong, aku langsung kagum dengan keindahan Gunung Sindoro Sumbing yang gagah. Keren banget. Waktu itu langsung mikir “kalo males naik gunung lagi, kayaknya Posong bisa jadi obat kangen dengan suasana Gunung”

Pemandangan disana emang bener-bener indah. Bahkan jika beruntung pun kamu bisa lihat lautan awan. Pertama kali kesana aku ngerasa lucky banget karena bisa lihat sunrise yang indah banget dan dapet lautan awan yang yahuuuuuud. Tapi pemandangan Gunungnya agak-agak ketutup awan jadi gak begitu jelas. Namun waktu kali kedua aku kesana agak kecewa karena lautan awannya gak nampak lagi. Tapi sunrise nya bener-bener pecahhhh sih. Bagus banget deh pokoknya.







Jika sudah cukup capek ngeliatin pemandangan di gardu pandang, kamu bisa duduk-duduk di gazebo yang banyak disediakan disana. Kalau aku sih lebih milih duduk di warung yang buka dan pesen kopi Temanggung sambil makan tempe kemul favoritku dilengkapi dengan indomie rebus pake telor. Duh rasanya udah nikmat banget deh. Apalagi makan dengan liat view gunung. Makin menambah kenikmatan semangkuk indomie telor. Sayangnya gak banyak warung yang buka. Padahal waktu aku kesana juga pas weekend. Aku heran sendiri kenapa diantara banyak warung Cuma beberapa aja yang buka ya.


Kopi Temanggung dan Tempe Kemul

Wisata Posong ini cukup bisa mengobati rasa kangenku pada Gunung. Sekarang udah males banget buat naik Gunung. Tapi suasana wisata di Gunung yang dingin dingin menyenangkan itu gak bisa tergantikan dengan berkunjung ke tempat wisata lain. Dan Posong ini bisa mengobati rasa kangenku itu.
Apalagi tempat wisata Posong ini sudah dikelola dengan baik. Fasilitas disana lengkap banget mulai dari kamar mandi, gazebo, mushola, parkir luas, camping ground, sampai petugas-petugasnya pun ramah dan sigap.




Gak cuma jadi wisata buat anak muda, Posong ini bisa dikunjungi dengan keluarga. Bahkan orang tua yang udah gak kuat jalan jauh aja bisa diajak kesana. Karena kamu gak perlu naik atau jalan kaki lama-lama seperti kalo pergi ke wisata pegunungan gitu. Kamu cukup jalan dari parkir motor ke gardu pandangnya. Cuma selangkah aja lah. Makannya wisata ini ramai banget katanya kalau libur lebaran tiba. Karena jadi tempat wisata andalan buat keluarga-keluarga. Bahkan juga seringkali digunakan buat acara-acara camping satu kantor gitu.

Pokoknya kalo kesana kudu lihat sunrise-nya. Kalo kamu dari Jogja, bisa berangkat pas siang hari biar sampai sana sore. Malemnya tinggal santai api unggunan sama ngobrol bareng temen. Kalo kamu di jalannya pas malem hari, siap-siap kedinginan di perjalanan.

Jadi kamu tertarik juga gak ke Posong?

0 komentar:

Posting Komentar