JANGAN MALAS BANGUN PAGI BUAT LIAT CANTIKNYA MERAPI


“Oke besok Kita bangun jam 3 ya buat Lava Tour Merapi”, Kata Boss Aku yang mendadak ngide buat ngajak anak-anak sekantor nyobain Lava Tour dan lihat sunrise di Kaliadem. Padahal itu diluar agenda. Niat awal cuma nginep di Kaliurang buat membahas OKR (Objective Key Result) kantor, malah sekalian diajak berpiknik ria.

Dengan semangat 86 tentu banyak yang mengiyakan ajakan Pak Boss. Aku pun juga demikian. Ambisiku buat lihat Merapi tanpa ketutup awan memang belum tuntas. Nah ini ada ajakan buat lihat Merapi di pagi hari ya mana bisa aku tolak. Harapanku sih bisa dapet sunrise dan lihat Merapi tanpa ketutup awan.

Udah tau besok harus bangun lebih pagi, malah malamnya Aku masih sibuk mencari massa buat maen Warewolf bareng. Tapi karena gak ada yang tertarik, yaudah aku duduk di pojokan sambil ngobrol-ngobrol lucuuk bareng beberapa temen. Hemmm…obrolan yang lucu sekali.

Lalu setelah ber haha hihi ciya ciye dalam sebuah convo malam itu, akhirnya Aku memilih untuk TIDUR. Get some sleep for my body and mind. Dengan rapihnya, temenku udah menyiapkan beberapa jurus untuk bisa bangun pagi. Pasang alarm banyak banyak!

Udah siap buat bobok cantik, eh malah temenku ngajakin pillow talk. Alhasil curhat-curhat manja dikit sebelum tidur. Hemm….cerita ke dia tentang my broken relation dan hal lainnya yang gak jauh-jauh tentang perasaan. Dasar! cewe sama cewe kalau udah ketemu ya ngobrolinnya ga jauh jauh dari itu deh.

Gak mau berlama-lama pillow talk, akhirnya aku memilih buat tidur.

Sesuai dugaan! Paginya Kami gak bisa bangun tepat waktu. Ah lupakan saja itu bangun jam 3. Nyatanya, Adzan shubuh berkumandang, Kami baru bangun dan beranjak dari bed. Dengan gaya slow-ku, akupun bersiap-siap untuk gasss Lava Tour. Dan ternyata di halaman parkir villa, sudah terparkir 5 jeep gagah yang menunggu Kami untuk berangkat.

Saat itu udara gak terlalu dingin. Pas banget dan sooo heaven lah pokoknya udara di Kaliurang. Jadi ngebayangin punya satu rumah disini dan dikunjungin kalau lagi pengen menyendiri. Pukul 5 pagi, Semburat-semburat cahaya matahari sudah nampak. Langit yang berwarna kebiru-biruan pekat masih terlihat cantik dengan beberapa bintang bersinar dan bulan yang minimalis. Melihat jam udah segitu, Ah hopeless rasanya lihat sunrise di Merapi. Tapi, gak lama akhirnya Kami pun berangkat menuju track Lava Tour Merapi. 

view di depan villa

Track pertama yaitu Bunker Kaliadem. Tempat yang paling mainstream di Kaliurang, tapi memang itu jadi spot terbaik untuk menikmati Gunung Merapi dari dekat. Sampai disana, langit udah berubah jadi putih, udah terang. Namun untungnya, Kami masih bisa menikmati golden sunrise ketika Matahari perlahan-lahan bergerak naik. I Swear, it’s So beautiful. Ya meskipun dapetnya sunrise tipis-tipis karena kesiangan. Tak apalah!


Lucky Us! Hari itu cerah dan gak mendung sama sekali. Dan resolusiku buat liat Merapi tanpa ketutup awan pun udah tercapai dong. Pagi itu Merapi benar-benar cantik dan gagah. Lebih gregetnya lagi, di Bunker Kaliadem gak terlalu ramai wisatawan. Jadi ya Aku bener-bener bisa menikmati suasananya.


Landscape Gunung Merapi



Sebelumnya aku udah pernah beberapa kali ke Bunker Kaliadem atau ke Bukin Klangon buat lihat Gunung Merapi lebih dekat. Tapi selalu aja failed karena kesiangan. Sampai disana pasti Merapi udah ketutupan awan dan gak kelihatan lagi. Memang kata orang-orang sana, kalau pengen lihat Merapi ya harus datang pagi hari sebelum jam setengah 8 atau jam 8. Setelah jam-jam itu, biasanya kabut akan turun dan menyelimuti Gunung sampai gak keliatan.


Kalau ikut Lava Tour Merapi, Kita biasanya akan diberi batasan waktu. Waktu itu juga Kami diberikan batasan waktu buat foto-foto dan mengeksplore sekitar Bungker Kaliadem. Kalau kesana jangan Cuma foto-foto di sekitaran tulisan Bunker Kaliadem aja atau Cuma foto-foto diatas batu dengan background gunung Merapi. Jangan! Karena foto-foto kaya gitu udah mainstream banget. Cobalah buat ke sisi utara, ke tempat yang lebih sepi dan banyak tumbuhan-tumbuhan liar. Bisa jadi itu bakal jadi spot yang Oke untuk berfoto. Gak takut bocor karena banyak orang dan view nya gak kalah kece.


Setelah puas foto-foto dengan kamera HP, yang hasilnya juga lumayan okelah. Akhirnya Kami kembali ke tempat parkir jeep untuk melanjutkan perjalanan ke rute selanjutnya. Untuk rute selanjutnya aku agak lupa sepertinya ke Tebing Gendol dan Batu Alien. Biasanya jasa penyewaan Lava Tour Merapi sudah menawarkan paket rute yang ingin dikunjungi. Namun untuk rute selanjutnya bagiku ya biasa aja lah. Aku udah cukup puas waktu di Bungker Kaliadem, jadi gak fokus lagi mau kemana setelah itu. ehehe

Tapi rute terakhir dari Lava Tour Merapi ini bener-bener unforgetable dan misal Kamu pengen nyoba Lava Tour Merapi, Kamu harus pilih paket yang ada rute ininya! Yaitu rute offroad di Kali Kuning. Itu menyenangkan banget si. Bener-bener berasa naik jeep beneran.

Jadi di rute terakhir ini Kami terpaksa harus basah-basahan karena jeep akan melewati sungai. Untungnya si Bapak driver baik banget. Sebelum sengaja diceburkan ke sungai, aku minta waktu buat ngamanin HP dan melepas sweaterku. Akhirnya setelah ready, Bapaknya pun langsung gassspolll jeep yang Kami tumpangi melewati sungai yang namanya Kali Kuning. Airnya si gak terlalu dalem. Tapi yha kalau lewat situ dengan kecepatan tinggi, mau gak mau ya basyaaaahhh!




Apalagi jalanan di pinggir Kali Kuning  itu berkerikil. Bayangin deh Kamu naik kendaraan posisi gass polll, terus jalannya berkerikil, dan akhirnya sengaja nrabas sungai. Ya pasti basah semua dong ya. Aku pun waktu itu langsung pegangan kuat-kuat biar gak gejeduk-gejeduk. Dramanya lagi nih, waktu itu kan ada beberapa jeep. Dan tim lain yang ada di jeep yang berbeda sengaja pasang gass poll ketika melintas di jeep yang aku tumpangin. Itu nyesek sih jadi kecipratan dan basah seketika. Mau kesel tapi kok ya seneng. Hayo…


Puas berbasah-basahan di Kali Kuning, akhirnya Kami pun diantarkan kembali ke villa tempat Kami menginap. Agak menggigil juga si waktu di jalan dengan posisi basah. Tapi keseruan yang udah dilalui emang unforgetable banget! Soooooo WORTH IT lah sekali kali nyobain LAVA TOUR MERAPI





Jadi kalau Kamu pengen lihat Merapi tanpa ketutup kabut, JANGAN MALAS BANGUN PAGI !

Kalau Kamu pengen nyoba pengalaman yang berbeda di Kaliurang, Coba deh ikutan Lava Tour Merapi. Gak bakal nyesel apalagi kalau kesananya bareng rombongan.  




0 komentar:

Posting Komentar