Ketika meluncurkan sebuah produk
maupun jasa, promosi merupakan hal yang paling penting. Promosi tak hanya untuk
memperkenalkan sebuah produk atau jasa yang kita buat tapi juga sebagai bentuk
edukasi kepada masyarakat bahwa produk atau jasa yang kita perkenalkan memiliki
manfaat yang mereka butuhkan. Apalagi bagi pelaku bisnis startup yang basisnya
menggunakan teknologi sebagai kekuatan bisnis mereka. Ditengah-tengah derasnya
arus informasi dan ketatnya persaingan bisnis maka menjadi penting bagi pelaku
startup untuk mempromosikan produk mereka ke masyarakat. Agar masyarakat pun
mengenal produk tersebut di tengah-tengah banyaknya informasi dan maraknya
promosi berbagai macam produk.
Todego.com merupakan sebuah
website atau marketplace yang mempertemukan guide dengan seseorang yang
membutuhkan jasa pemandu wisata. Simpelnya, jika kamu membutuhkan guide maka
dengan mudahnya bisa ditemukan di Todego.com. Sebagai pendatang baru di dunia
startup konsep yang diusung Todego.com sebagai marketplace bukanlah hal baru lagi.
Jika kita lihat kini banyak sekali marketplace baru yang muncul sepeti
tokopedia, bukalapak, dan masih banyak lagi. Namun apa yang dijual dalam
marketplace Todego.com adalah sesuatu yang baru. Todego.com bukanlah
marketplace mainstream seperti marketplace pada umumnya yang hanya menjadi tempat untuk menjual barang mulai
dari elektronik hingga fashion. Namun apa yang dijual di Todego.com sangat
spesifik yaitu jasa pemandu wisata. Dengan begitu perkembangan Todego.com
kedepannya pun sepertinya akan bagus mengingat belum banyaknya pesaing yang
mengembangkan konsep seperti ini. Konsep marketplace yang menyediakan jasa
guide merupakan hal baru yang saat ini belum terlalu popular di Indonesia.
Namun karena memiliki segmentasi target yang spesifik maka Todego.com akan
lebih mudah menyasar target marketnya.
Hal yang perlu dilakukan
Todego.com kedepannya adalah memperbesar promosi yang tepat sasaran sesuai
dengan target market mereka. Promosi dilakukan mengingat Todego.com adalah
startup baru yang belum terlalu dikenal oleh masyarakat. Untuk itu butuh
promosi yang gencar agar masyarakat tahu apa itu Todego.com dan mereka akan langsung ingat
Todego.com saat membutuhkan jasa guide ketika traveling. Tentu saja sebelum
melangkah jauh memikirkan promosi yang tentunya akan memakan banyak biaya,
Todego.com terlebih dahulu memperkuat sistem transaksi jasa pemandu wisata yang
mereka bangun. Kemudian setelah itu promosi pun bisa dilakukan lewat apa saja
namun tetap disesuaikan dengan target market. Jika dana terbatas pun sosial
media bisa juga menjadi sarana promosi yang ampuh.
0 komentar:
Posting Komentar